Analisis Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar (Studi Kualitatif Deskriptif Kegiatan P5 Pada Kurikulum Merdeka di SDN Palumbonsari I Kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang)

Anggelia, Syarah Fitri (2024) Analisis Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar (Studi Kualitatif Deskriptif Kegiatan P5 Pada Kurikulum Merdeka di SDN Palumbonsari I Kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang). Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9 (2). ISSN 2548-6950

[thumbnail of 01. FILE JUDUL_240003_20416286206077_Syarah Fitri Anggelia.pdf] Text
01. FILE JUDUL_240003_20416286206077_Syarah Fitri Anggelia.pdf

Download (904kB)
[thumbnail of 02. DAFTAR ISI_240003_20416286206077_Syarah Fitri Anggelia.pdf] Text
02. DAFTAR ISI_240003_20416286206077_Syarah Fitri Anggelia.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of 03. ARTIKEL UTAMA_240003_20416286206077_Syarah Fitri Anggelia.pdf] Text
03. ARTIKEL UTAMA_240003_20416286206077_Syarah Fitri Anggelia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of 05. DAFTAR PUSTAKA_240003_20416286206077_Syarah Fitri Anggelia.pdf] Text
05. DAFTAR PUSTAKA_240003_20416286206077_Syarah Fitri Anggelia.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 06. LAMPIRAN_240003_20416286206077_Syarah Fitri Anggelia.pdf] Text
06. LAMPIRAN_240003_20416286206077_Syarah Fitri Anggelia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan kegiatan P5 di SDN Palumbonsari 1 bertujuan untuk analisis siswa dalam menanggapi pelaksanaan P5 yang telah dilakukan sehingga membantu guru dalam mengevaluasi dan menganalisis permasalahan yang dihadapi siswa sehingga dapat menghasilkan solusi yang terbaik bagi siswa kedepan. Responen yang dilibatkan yaitu kepala sekolah, guru dan siswa SDN Palumbonsari 1 sebanyak 40 orang, Teknik penentuan responen yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis prespektif siswa ini menggunakan instrument berupa angket berbasis google form secara online yang disebarkan pada Mei 2024. Hasil pelaksanaan P5 ini menunjukkan bahwa siswa dapat melaksanakan kegiatan ini, akan tetapi ada juga persepektif siswa yang positif dan negatif akan kegiatan tersebut. Siswa ada yang setuju akan pelaksanaan P5 ini karena membuat siswa nyaman dalam pembelajaran serta dapat dilakukan secara mandiri dan kolaboratif, tetapi adapun yang kurang setuju pelaksanaan P5 ini karena tidak suka dalam pembelajaran P5, belum sesuai dengan harapan siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan data yang di peroleh, maka guru harus memberikan arahan dan bimbingan berkaitan projek kegiatan ini sesuai keinginan siswa sehingga tingkat percaya diri siswa dapat bertumbuh dalam berkarya dan meningkatnya potensi diri dan minat bakat siswa.

Kata Kunci: kegiatan P5, kurikulum merdeka, sekolah dasar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 08 Oct 2025 06:05
Last Modified: 08 Oct 2025 06:05
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4327

Actions (login required)

View Item
View Item