Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Penyelesaian Soal Cerita Matematika di Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Palumbonsari I Tahun Pelajaran 2023/2024)

Zakia, Neneng (2024) Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Penyelesaian Soal Cerita Matematika di Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Palumbonsari I Tahun Pelajaran 2023/2024). Jurnal Cakrawala Pendas, 10 (2). ISSN 2579-4442

[thumbnail of 1. FILE JUDUL_240001_20416286206125_Neneng Zakia.pdf] Text
1. FILE JUDUL_240001_20416286206125_Neneng Zakia.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. daftar isi_240001_20416286206125_Neneng Zakia.pdf] Text
2. daftar isi_240001_20416286206125_Neneng Zakia.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 3. ARTIKEL UTAMA_240001_20416286206125_Neneng Zakia.pdf] Text
3. ARTIKEL UTAMA_240001_20416286206125_Neneng Zakia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[thumbnail of 4. DAFTAR PUSTAKA_240001_20416286206125_Neneng Zakia.pdf] Text
4. DAFTAR PUSTAKA_240001_20416286206125_Neneng Zakia.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 5. LAMPIRAN_240001_20416286206125_Neneng Zakia.pdf] Text
5. LAMPIRAN_240001_20416286206125_Neneng Zakia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Matematika memiliki peran penting dalam pembentukan pola pikir peserta didik untuk menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari. Namun, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika, sehingga rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika menjadi perhatian serius. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode role playing terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi bilangan di kelas V SDN Palumbonsari 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif jenis eksperimen dengan desain Pretest Post-test Nonquivalent Control Group. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Palumbonsari 1 yang dipilih secara acak, dengan kelas VC sebagai kelas eksperimen (metode role playing) dan kelas VB sebagai kelas kontrol (metode konvensional). Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk soal essay yang telah divalidasi dan diuji coba pada peserta didik diluar sampel penelitian. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis dengan Paired Samples Test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode role playing menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan dalam kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Kesimpulannya, penggunaan metode role playing dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Metode ini membuat pembelajaran lebih bermakna, menyenangkan, dan dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.
Kata Kunci: metode pembelajaran; role playing; soal cerita matematika

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 08 Oct 2025 06:03
Last Modified: 08 Oct 2025 06:03
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4325

Actions (login required)

View Item
View Item