Klasterisasi Data Penjualan Terlaris Produk Kosmetik Y.O.U Menggunakan Algoritma K-Means

Anjani, Aprillia (2024) Klasterisasi Data Penjualan Terlaris Produk Kosmetik Y.O.U Menggunakan Algoritma K-Means. JURNAL TIKA, 9 (1). ISSN 2503-1171

[thumbnail of 1. JUDUL_240017_20416257201014_Aprillia Anjani.pdf] Text
1. JUDUL_240017_20416257201014_Aprillia Anjani.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 2. DAFTAR ISI_240017_20416257201014_Aprillia Anjani.pdf] Text
2. DAFTAR ISI_240017_20416257201014_Aprillia Anjani.pdf

Download (504kB)
[thumbnail of 3. ARTIKEL UTAMA_240017_20416257201014_Aprillia Anjani.pdf] Text
3. ARTIKEL UTAMA_240017_20416257201014_Aprillia Anjani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB)
[thumbnail of 5. DAFTAR PUSTAKA_240017_20416257201014_Aprillia Anjani.pdf] Text
5. DAFTAR PUSTAKA_240017_20416257201014_Aprillia Anjani.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 6. LAMPIRAN_240017_20416257201014_Aprillia Anjani.pdf] Text
6. LAMPIRAN_240017_20416257201014_Aprillia Anjani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ada banyak jenis bisnis di indonesia yang menyita fokus masyarakat serta meningkatkan kompetisi dengan menghasilkan kreativitas dalam berbagai gagasan bisnis. Perusahaan kosmetik dan perawatan kulit indonesia merupakan brand kosmetik Y.O.U yang didedikasikan untuk kecantikan wanita indonesia, diproduksi sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan tren saat ini. Tugas data mining adalah mengumpulkan atau mengelompokkan data dalam jumlah besar berdasarkan berbagai kriteria yang telah ditentukan. Cluster data mining sangat ideal sebagai algoritma yang bisa mengelola data dengan cara lebih efisien, seperti algoritma K-Means. Algoritma Clustering K-Means ialah prosedur yang digunakan untuk menggabungkan beberapa aliran data untuk menganalisis data dan menentukan jumlah Cluster yang memiliki karakteristik berbeda dari data lainnya. Temuan yang diinginkan ialah terdapatnya kumpulan data yang berdampak bagi strategi penjualan pada periode berikutnya sehingga dapat mengetahui barang yang paling terlaris yang dijual dan barang yang kurang laris. Kebijakan ini bisa menyusutkan defisit yang didapat oleh PT Jalur Mandiri utama dahulunya pada kosmetik YOU. Dengan data tersebut dapat dikelompokan menjadi 3 Clustering yang didasarkan pada tingkat kesuksesan penjualan suatu jenis produk Cluster 0 yang terdiri dari 8 produk item yang memiliki tingkat penjualan laris, Sedangkan Dalam Cluster 1 yang mencakup 12 item produk dengan kategori paling laris dan Cluster 2 yang terdiri dari 5 item produk yang tidak laris, dalam Cluster ini menunjukkan tren tetap atau bahkan menurun dari bulan ke bulan dengan nilai Centroid menunjukkan ketidakpopuleran produk-produk tersebut di pasar.

Kata Kunci: Clustering; Data Penjualan Kosmetik; Data Mining; K-Means, Produk Terlaris

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 29 Sep 2025 02:56
Last Modified: 29 Sep 2025 02:56
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4315

Actions (login required)

View Item
View Item