Implementasi Data Mining Pada Pengelompokkan Data Pembeli Menggunakan Algoritma K-Means Pada PT. Otomotif 1

Susilo, Denis Dwi (2024) Implementasi Data Mining Pada Pengelompokkan Data Pembeli Menggunakan Algoritma K-Means Pada PT. Otomotif 1. Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 13 (1). ISSN 2685-0893

[thumbnail of 1. Cover_240009_20416257201025_Denis Dwi Susilo.pdf] Text
1. Cover_240009_20416257201025_Denis Dwi Susilo.pdf

Download (572kB)
[thumbnail of 2. DAFTAR ISI_240009_20416257201025_Denis Dwi Susilo.pdf] Text
2. DAFTAR ISI_240009_20416257201025_Denis Dwi Susilo.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 3. ARTIKEL UTAMA_240009_20416257201025_Denis Dwi Susilo.pdf] Text
3. ARTIKEL UTAMA_240009_20416257201025_Denis Dwi Susilo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[thumbnail of 4. Daftar Pustaka_240009_20416257201025_Denis Dwi Susilo.pdf] Text
4. Daftar Pustaka_240009_20416257201025_Denis Dwi Susilo.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 5. LAMPIRAN_240009_20416257201025_Denis Dwi Susilo.pdf] Text
5. LAMPIRAN_240009_20416257201025_Denis Dwi Susilo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena PT. OTOMOTIF 1 mengalami kesulitan dalam memantau produk yang diminati konsumen serta kesulitan dalam penyimpanan data yang efisien. Tujuan penulisan adalah untuk mengidentifikasi masalah tersebut dan menawarkan solusi melalui penerapan analisis clustering dan algoritma K-Means. Metode penelitian ini menggunakan data transaksi dari PT. OTOMOTIF 1 selama Januari 2016, dengan total 30 rekaman transaksi yang valid. Proses analisis melibatkan penggunaan algoritma K-Means untuk mengelompokkan data transaksi menjadi tiga klaster. Hasilnya menunjukkan tiga klaster dalam perusahaan: klaster yang paling diminati, klaster yang sedikit diminati, dan klaster yang kurang diminati. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi PT. OTOMOTIF 1 dalam mengembangkan strategi pemasaran dan manajemen stok barang mereka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan analisis clustering dengan algoritma K-Means dapat membantu perusahaan mengoptimalkan strategi pemasaran dan manajemen stok barang mereka.

Kata kunci: Analisis Clustering; K-Means; Pembeli; Strategi Pemasaran; Data Transaksi

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 29 Sep 2025 02:55
Last Modified: 29 Sep 2025 02:55
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4308

Actions (login required)

View Item
View Item