Susilo, Denis Dwi (2024) Implementasi Data Mining Pada Pengelompokkan Data Pembeli Menggunakan Algoritma K-Means Pada PT. Otomotif 1. Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 13 (1). ISSN 2685-0893
![1. Cover_240009_20416257201025_Denis Dwi Susilo.pdf [thumbnail of 1. Cover_240009_20416257201025_Denis Dwi Susilo.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. Cover_240009_20416257201025_Denis Dwi Susilo.pdf
Download (572kB)
![2. DAFTAR ISI_240009_20416257201025_Denis Dwi Susilo.pdf [thumbnail of 2. DAFTAR ISI_240009_20416257201025_Denis Dwi Susilo.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. DAFTAR ISI_240009_20416257201025_Denis Dwi Susilo.pdf
Download (68kB)
![3. ARTIKEL UTAMA_240009_20416257201025_Denis Dwi Susilo.pdf [thumbnail of 3. ARTIKEL UTAMA_240009_20416257201025_Denis Dwi Susilo.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. ARTIKEL UTAMA_240009_20416257201025_Denis Dwi Susilo.pdf
Restricted to Registered users only
Download (441kB)
![4. Daftar Pustaka_240009_20416257201025_Denis Dwi Susilo.pdf [thumbnail of 4. Daftar Pustaka_240009_20416257201025_Denis Dwi Susilo.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. Daftar Pustaka_240009_20416257201025_Denis Dwi Susilo.pdf
Download (161kB)
![5. LAMPIRAN_240009_20416257201025_Denis Dwi Susilo.pdf [thumbnail of 5. LAMPIRAN_240009_20416257201025_Denis Dwi Susilo.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. LAMPIRAN_240009_20416257201025_Denis Dwi Susilo.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena PT. OTOMOTIF 1 mengalami kesulitan dalam memantau produk yang diminati konsumen serta kesulitan dalam penyimpanan data yang efisien. Tujuan penulisan adalah untuk mengidentifikasi masalah tersebut dan menawarkan solusi melalui penerapan analisis clustering dan algoritma K-Means. Metode penelitian ini menggunakan data transaksi dari PT. OTOMOTIF 1 selama Januari 2016, dengan total 30 rekaman transaksi yang valid. Proses analisis melibatkan penggunaan algoritma K-Means untuk mengelompokkan data transaksi menjadi tiga klaster. Hasilnya menunjukkan tiga klaster dalam perusahaan: klaster yang paling diminati, klaster yang sedikit diminati, dan klaster yang kurang diminati. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi PT. OTOMOTIF 1 dalam mengembangkan strategi pemasaran dan manajemen stok barang mereka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan analisis clustering dengan algoritma K-Means dapat membantu perusahaan mengoptimalkan strategi pemasaran dan manajemen stok barang mereka.
Kata kunci: Analisis Clustering; K-Means; Pembeli; Strategi Pemasaran; Data Transaksi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 02:55 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 02:55 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4308 |