Peningkatan Minat Digital Skill Menggunakan Algoritma K-Medoids Clustering Pada Karyawan

Zulfiana, Rizka (2024) Peningkatan Minat Digital Skill Menggunakan Algoritma K-Medoids Clustering Pada Karyawan. Journal of Information System Research (JOSH), 5 (3). ISSN 2686-228X

[thumbnail of COVER_240005_20416257201039_Rizka Zulfiana.pdf] Text
COVER_240005_20416257201039_Rizka Zulfiana.pdf

Download (546kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_240005_20416257201039_Rizka Zulfiana.pdf] Text
DAFTAR ISI_240005_20416257201039_Rizka Zulfiana.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of ARTIKEL_240005_20416257201039_Rizka Zulfiana.pdf] Text
ARTIKEL_240005_20416257201039_Rizka Zulfiana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_240005_20416257201039_Rizka Zulfiana.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_240005_20416257201039_Rizka Zulfiana.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of LAMPIRAN_240005_20416257201039_Rizka Zulfiana.pdf] Text
LAMPIRAN_240005_20416257201039_Rizka Zulfiana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia adalah salah satu badan usaha milik negara yang mencetak uang kertas dan dokumen resmi lainnya. Perum Peruri juga berkeinginan untuk mendapatkan wawasan lebih luas mengenai teknologi yang diimplementasikan di dalam perusahaan. Permintaan akan tenaga kerja yang terampil dalam penggunaan teknologi di lingkungan kerja terus meningkat seiring berjalannya waktu. Perum Peruri memiliki 16 kategori Digital Skill, masing-masing kategori tersebut memiliki peminatan yang tinggi, menengah hingga peminatan yang paling rendah. Pada Permasalahan ini data yang diambil adalah belum dilakukan pengelompokan, sehingga kurangnya informasi mengenai jumlah kategori yang memiliki peminatan tertinggi hingga terendah. Dengan menganalisis data peminatan akan membantu menentukan kategori mana yang membutuhkan peningkatan. Kategori dalam peminatan Digital Skill kemudian dapat ditingkatkan dengan menggunakan informasi ini sebagai acuan untuk merancang strategi peningkatan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan clustering untuk menentukan jumlah kategori yang diminati oleh karyawan Perum Peruri. Dalam penelitian ini, data penjualan dalam format Excel dianalisis, dan cluster berdasarkan data penjualan produk dibuat menggunakan pendekatan K-Medoids. Informasi penjualan yang diperoleh dari data sekunder yang mengelola peminatan karyawan. Dengan menggunakan RapidMiner, akurasi untuk tiga cluster yang ditetapkan sebagai tertinggi, menengah, dan terendah berdasarkan hasil pengelompokan dipastikan. Cluster pertama dari 16 item yang dianalisis terdiri dari 7 item dengan peringkat tertinggi, cluster kedua memiliki 5 item yang dikategorikan sebagai sedang, dan cluster ketiga memiliki 4 item yang diklasifikasikan sebagai yang terendah. Berdasarkan hasil 4 item peminatan dikategorikan rendah, menunjukkan perlunya pendekatan sosialisasi untuk meningkatkan minat Digital Skill tersebut.
Kata Kunci: Data Mining, Clustering, K-Medoids, Rapidminer, Digital Skill

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 29 Sep 2025 02:54
Last Modified: 29 Sep 2025 02:54
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4304

Actions (login required)

View Item
View Item