Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Kinerja Citygas Dengan Metode Survqual, Customer Satisfaction Index & Importance Performance Analysis

Hanif, Muhammad Rakha Miftahhul (2024) Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Kinerja Citygas Dengan Metode Survqual, Customer Satisfaction Index & Importance Performance Analysis. MATRIK Jurnal Manajemen dan Teknik Industri-Produksi, 25 (1). ISSN 2621-8933

[thumbnail of Cover_240005_20416226201210_Muhammad Rakha Miftahul Hanif.pdf] Text
Cover_240005_20416226201210_Muhammad Rakha Miftahul Hanif.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of Daftar Isi_240005_20416226201210_Muhammad Rakha Miftahul Hanif.pdf] Text
Daftar Isi_240005_20416226201210_Muhammad Rakha Miftahul Hanif.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal_240005_20416226201210_Muhammad Rakha Miftahul Hanif.pdf] Text
Artikel Jurnal_240005_20416226201210_Muhammad Rakha Miftahul Hanif.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_240005_20416226201210_Muhammad Rakha Miftahul Hanif.pdf] Text
Daftar Pustaka_240005_20416226201210_Muhammad Rakha Miftahul Hanif.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of Lampiran_240005_20416226201210_Muhammad Rakha Miftahul Hanif.pdf] Text
Lampiran_240005_20416226201210_Muhammad Rakha Miftahul Hanif.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)

Abstract

Pemerintah melakukan program pengelolaan jaringan gas di setiap kota dan daerah yang memiliki sumber gas bumi, salah satunya berada di Kabupaten Bekasi terletak di Cikarang yang dikelola oleh PT Jababeka Infrastruktur sejak 2016 dengan pelanggan aktif sebanyak 3949 pelanggan. Sejak awal pendistribusian gas bumi dan pelayanannya masih mengalami permasalahan. Mengakibatkan penurunan pelanggan aktif, oleh karenanya dibutuhkan penyelenggaraan penelitian dalam melakukan pengukuran tingkat kepuasan pelanggan Citygas terhadap kinerjanya. Penelitian ini dilakukan pada 3 sektor berjumlah 535 pelanggan aktif, yang akan menggunakan metode SURVQUAL, CSI. Metode IPA. Hasil penelitian yang sudah dilakukan memiliki nilai atribut yang negatif sebanyak 15 atribut dan atribut paling besar negatifnya terdapat pada kualitas gas bumi dan warna api dengan sebesar – 0,65. Dari hasil perhitungan CSI pelanggan merasa puas angka yang mencapai 0.90 dengan katagori sangat puas. Ada sebagian atribut yang menjadi perhatian dalam perbaikan pelayanan, yang diukur menggunakan diagram kartesius pada kuadran 1 mencakup 6 atribut yaitu ada diatribut (4), (7), (10), (11), (14),dan (21).
Kata Kunci :
Kepuasan Pelanggan, Gas Bumi, SURVQUAL, Customer Satisfaction Indeks, Importance Performance Analysis

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 29 Sep 2025 02:52
Last Modified: 29 Sep 2025 02:52
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4295

Actions (login required)

View Item
View Item