Analisis Sentimen Pemboikotan Produk Dengan Pendekatan Algoritma Naive Bayes Media Sosial X

Rifaldi, Rizky (2024) Analisis Sentimen Pemboikotan Produk Dengan Pendekatan Algoritma Naive Bayes Media Sosial X. Journal of Information System Research (JOSH), 5 (4). ISSN ISSN 2686-228X

[thumbnail of File Judul_240028_20416255201126_Rizky Rifaldi.pdf] Text
File Judul_240028_20416255201126_Rizky Rifaldi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_240028_20416255201126_Rizky Rifaldi.pdf] Text
DAFTAR ISI_240028_20416255201126_Rizky Rifaldi.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of ARTIKEL_240028_20416255201126_Rizky Rifaldi.pdf] Text
ARTIKEL_240028_20416255201126_Rizky Rifaldi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_240028_20416255201126_Rizky Rifaldi.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_240028_20416255201126_Rizky Rifaldi.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of Lampiran_240028_20416255201126_Rizky Rifaldi.pdf] Text
Lampiran_240028_20416255201126_Rizky Rifaldi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen tentang adanya masalah pemboikotan produk oleh masyarakat dengan menggunakan algoritma Naive Bayes. Data sebanyak 1426 data di kumpulkan dari media sosial x untuk mempelajari perilaku konsumen terhadap produk tertentu. Melalui penerapan algoritma Naive Bayes, analisis sentimen dilakukan untuk mengidentifikasi pola-pola dalam pendapat konsumen terkait pemboikotan produk yang dipelajari. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa algoritma Naive Bayes berhasil mencapai akurasi sebesar 81% dalam mengklasifikasikan sentimen terhadap produk. Hal0 ini menunjukkan kemampuan algoritma tersebut dalam menganalisis sentimen konsumen secara efektif, yang dapat memberikan wawasan berharga bagi perusahaan dalam memahami persepsi masyarakat dan mengelola reputasi produk mereka. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya memanfaatkan teknik analisis sentimen dalam strategi pemasaran dan manajemen merek untuk meningkatkan daya saing produk di pasar yang kompetitif.
Kata Kunci: Algoritma Naïve Bayes; Pemboikotan Produk; Sentimen; X; Masyarakat.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 29 Sep 2025 02:41
Last Modified: 29 Sep 2025 02:41
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4276

Actions (login required)

View Item
View Item