Optimalisasi Model Clustering Dengan Principle Component Analysis Untuk Pelanggan Mobil

Savira, Agnes Riska (2024) Optimalisasi Model Clustering Dengan Principle Component Analysis Untuk Pelanggan Mobil. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 18 (2). ISSN 2460-7258

[thumbnail of 01 Judul_240014_20416255201005_Agnes Riska Savira.pdf] Text
01 Judul_240014_20416255201005_Agnes Riska Savira.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 02 Daftar Isi_240014_20416255201005_Agnes Riska Savira.pdf] Text
02 Daftar Isi_240014_20416255201005_Agnes Riska Savira.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of 03 Artikel_240014_20416255201005_Agnes Riska Savira.pdf] Text
03 Artikel_240014_20416255201005_Agnes Riska Savira.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 04 Daftar Pustaka_240014_20416255201005_Agnes Riska Savira.pdf] Text
04 Daftar Pustaka_240014_20416255201005_Agnes Riska Savira.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of 05 Lampiran_240014_20416255201005_Agnes Riska Savira.pdf] Text
05 Lampiran_240014_20416255201005_Agnes Riska Savira.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)

Abstract

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, perusahaan secara strategis memanfaatkan data pelanggan untuk mencapai tujuan, sehingga memerlukan pemahaman komprehensif tentang beragam sifat, perilaku, dan kebutuhan pelanggan. Segmentasi pelanggan, sebuah strategi penting, memerlukan pengelompokan individu berdasarkan berbagai karakteristik. Algoritme K- Means yang banyak digunakan konektivitas pengelompokan data pelanggan karena kemudahan implementasinya dalam Pembelajaran Mesin. Namun, tantangan muncul pada data berdimensi tinggi, sehingga mendorong perlunya pengurangan dimensi. Analisis Komponen Utama (PCA) muncul sebagai metode yang efektif untuk komunikasi data sekaligus meminimalkan kehilangan informasi. Penelitian sebelumnya menekankan keberhasilan PCA dalam meningkatkan efisiensi analisis dan pengelompokan. Penelitian ini berkontribusi dengan mengintegrasikan PCA ke dalam clustering K-Means untuk menganalisis segmen pelanggan di sebuah perusahaan mobil. Hal ini memberdayakan perusahaan untuk menarik pelanggan baru, menerapkan pemasaran yang ditargetkan, memahami hubungan pelanggan-perusahaan, dan meningkatkan profitabilitas yang diharapkan. PCA, yang mempertahankan 75% variasi dengan 3 komponen utama, mendahului implementasi K-Means setelah normalisasi. Evaluasi menggunakan Metode Elbow dan Silhouette Score mengidentifikasi delapan cluster yang optimal. Model K-Means pasca-PCA dengan pemilihan cluster optimal menghasilkan Skor Silhouette sebesar 0,7789.

Kata kunci— K-Means, PCA, Segmentasi Pelanggan, Pembelajaran Mesin

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 29 Sep 2025 02:32
Last Modified: 29 Sep 2025 02:32
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4263

Actions (login required)

View Item
View Item