Rhamadani, Ninda Nurul (2020) Penerapan Algoritma K-Means dan K-Medoids Dalam Pengelompokan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Karawang Berdasarkan Nilai Ujian Nasional. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. COVER_200012_16416255201047_Ninda Nurul Rhamadani.pdf [thumbnail of 1. COVER_200012_16416255201047_Ninda Nurul Rhamadani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER_200012_16416255201047_Ninda Nurul Rhamadani.pdf
Download (617kB)
![2. ABSTRAK_200012_16416255201047_Ninda Nurul Rhamadani.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_200012_16416255201047_Ninda Nurul Rhamadani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_200012_16416255201047_Ninda Nurul Rhamadani.pdf
Download (415kB)
![3. DAFTAR ISI_200012_16416255201047_Ninda Nurul Rhamadani.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_200012_16416255201047_Ninda Nurul Rhamadani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_200012_16416255201047_Ninda Nurul Rhamadani.pdf
Download (420kB)
![4. BAB I_200012_16416255201047_Ninda Nurul Rhamadani.pdf [thumbnail of 4. BAB I_200012_16416255201047_Ninda Nurul Rhamadani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_200012_16416255201047_Ninda Nurul Rhamadani.pdf
Download (426kB)
![5. BAB II_200012_16416255201047_Ninda Nurul Rhamadani.pdf [thumbnail of 5. BAB II_200012_16416255201047_Ninda Nurul Rhamadani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_200012_16416255201047_Ninda Nurul Rhamadani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (487kB)
![6. BAB III_200012_16416255201047_Ninda Nurul Rhamadani.pdf [thumbnail of 6. BAB III_200012_16416255201047_Ninda Nurul Rhamadani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_200012_16416255201047_Ninda Nurul Rhamadani.pdf
Download (459kB)
![8. BAB V_200012_16416255201047_Ninda Nurul Rhamadani.pdf [thumbnail of 8. BAB V_200012_16416255201047_Ninda Nurul Rhamadani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_200012_16416255201047_Ninda Nurul Rhamadani.pdf
Download (397kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_200012_16416255201047_Ninda Nurul Rhamadani.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_200012_16416255201047_Ninda Nurul Rhamadani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_200012_16416255201047_Ninda Nurul Rhamadani.pdf
Download (413kB)
![10. LAMPIRAN_200012_16416255201047_Ninda Nurul Rhamadani.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_200012_16416255201047_Ninda Nurul Rhamadani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_200012_16416255201047_Ninda Nurul Rhamadani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (976kB)
Abstract
Ujian Nasional diselenggarakan sebagai sistem evaluasi standar pendidikan secara Nasional yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan. Pada tingkat SMK mata pelajaran yang diujikan yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Kejuruan. Pengelompokan data nilai Ujian Nasional dilakukan untuk memudahkan peserta didik mendapatkan informasi mengenai kategori sekolah mereka berdasarkan hasil nilai Ujian Nasional yang akan dikategorikan ke dalam 3 kategori cluster yaitu baik, sedang, dan cukup. Penelitian ini akan menerapkan teknik algoritma K-Means dan K-Medoids. Adapun sumber data yang digunakan berasal dari website Pusat Penilaian Pendidikan dengan menggunakan data nilai rata-rata UN SMK tahun pelajaran 2018/2019. Hasil pengelompokan dengan menerapkan kedua algoritma dilakukan dengan cara perhitungan manual kemudian dilakukan pengujian menggunakan tools Rapidminer. Pada algoritma k-means dengan melakukan perhitungan manual menghasilkan cluster baik 14 anggota satuan pendidikan SMK, cluster sedang 46 anggota satuan pendidikan SMK dan cluster cukup 49 anggota satuan pendidikan SMK. Hasil pengujian menunjukkan hasil yang sama dengan hasil pada perhitungan manual. Pada algoritma k-medoids dengan melakukan perhitungan manual diperoleh hasil cluster baik 27 anggota satuan pendidikan SMK, cluster sedang 43 anggota satuan pendidikan SMK dan cluster cukup 39 anggota anggota satuan pendidikan SMK. Hasil pengujian Rapidminer menunjukkan hasil yang sama dengan hasil pada perhitungan manual. Perbedaan jumlah cluster pada kinerja tiap algoritma memiliki pola perhitungan yang berbeda pada masing-masing iterasi. Namun, pada algoritma k-means yang termasuk kategori cluster baik merupakan anggota satuan pendidikan keseluruhan pada algoritma k-medoids dengan kategori baik. Sehingga, hasil dalam pengelompokan dengan menggunakan kedua algoritma berpengaruh pada dataset yang digunakan serta pola perhitungan algoritma yang diterapkan pada dataset.
Kata kunci : Cluster, Dataset, K-Means, K-Medoids, Pengelompokan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
Date Deposited: | 08 May 2025 06:18 |
Last Modified: | 08 May 2025 06:18 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4101 |