Analisis Faktor Risiko yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Vaksinasi Covid-19 Dengan Metode SEM-PLS (Studi Kasus Fasilitas Kesehatan Karawang)

Al-Friza, Mohammad Dariel Ma'ruf (2023) Analisis Faktor Risiko yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Vaksinasi Covid-19 Dengan Metode SEM-PLS (Studi Kasus Fasilitas Kesehatan Karawang). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 01. Cover_230060_19416226201006_Mohammad Dariel Ma'ruf Al-Friza.pdf] Text
01. Cover_230060_19416226201006_Mohammad Dariel Ma'ruf Al-Friza.pdf

Download (842kB)
[thumbnail of 02. Abstrak_230060_19416226201006_Mohammad Dariel Ma'ruf Al-Friza.pdf] Text
02. Abstrak_230060_19416226201006_Mohammad Dariel Ma'ruf Al-Friza.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 03. Daftar Isi_230060_19416226201006_Mohammad Dariel Ma'ruf Al-Friza.pdf] Text
03. Daftar Isi_230060_19416226201006_Mohammad Dariel Ma'ruf Al-Friza.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 04. BAB_I_230060_19416226201006_Mohammad Dariel Ma'ruf Al-Friza.pdf] Text
04. BAB_I_230060_19416226201006_Mohammad Dariel Ma'ruf Al-Friza.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 05. BAB_II_230060_19416226201006_Mohammad Dariel Ma'ruf Al-Friza.pdf] Text
05. BAB_II_230060_19416226201006_Mohammad Dariel Ma'ruf Al-Friza.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of 06. BAB_III_230060_19416226201006_Mohammad Dariel Ma'ruf Al-Friza.pdf] Text
06. BAB_III_230060_19416226201006_Mohammad Dariel Ma'ruf Al-Friza.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 07. BAB_IV_230060_19416226201006_Mohammad Dariel Ma'ruf Al-Friza.pdf] Text
07. BAB_IV_230060_19416226201006_Mohammad Dariel Ma'ruf Al-Friza.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 08. BAB_V_230060_19416226201006_Mohammad Dariel Ma'ruf Al-Friza.pdf] Text
08. BAB_V_230060_19416226201006_Mohammad Dariel Ma'ruf Al-Friza.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of 09. Daftar Pustaka_230060_19416226201006_Mohammad Dariel Ma'ruf Al-Friza.pdf] Text
09. Daftar Pustaka_230060_19416226201006_Mohammad Dariel Ma'ruf Al-Friza.pdf

Download (684kB)
[thumbnail of 10. Lampiran_230060_19416226201006_Mohammad Dariel Ma'ruf Al-Friza.pdf] Text
10. Lampiran_230060_19416226201006_Mohammad Dariel Ma'ruf Al-Friza.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kualitas pelayanan vaksinasi COVID-19 perlu ditingkatkan karena dapat berdampak pada kepuasan masyarakat. Ketika pandemi COVID-19, pemerintah mengeluarkan kebijakan vaksinasi COVID-19, kepuasan pasien menjadi penting karena dapat mempengaruhi masyarakat untuk melakukan vaksinasi sehingga target sasaran vaksinasi dapat tercapai dengan baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu, agar dapat mengetahui hasil penilaian kepuasan masyarakat atas risiko yang terjadi saat vaksinasi berlangsung dan apa yang perlu dikembangkan oleh Dinas Kesehatan Karawang dalam pelayanannya. Penelitian ini dilakukan dengan metode Structural Equation Modeling-Patial Least Square (SEM-PLS) dengan sampel sebanyak 320 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan metode pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Hasil analisis SEM-PLS penelitian juga ditemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan terhadap Y (Kepuasan Masyarakat) pada dimensi bukti fisik, keandalan, daya tanggap, dan jaminan dengan nilai (P values = 0.000) kemudian berbeda dengan dimensi lainnya, dimensi empati memiliki nilai (P values -0.966) nilai tersebut (> 0.05) artinya dimensi Empati pengaruhnya (TIDAK signifikan) terhadap Y kepuasan masyarakat. Kemudian untuk nilai T Hitung terhadap Y mendapatkan 0.043 artinya < 1.967 T tabel yang artinya juga (TIDAK signifikan). artinya Dinas Kesehatan harus memahami masalah para peserta vaksin dan bertindak baik demi keinginan dan kenyamanan masyarakat saat vaksin diberikan dan perhatian secara personal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai informasi atau refrensi bahan dalam melakukan penelitian selanjutnya. Masyarakat dapat menambah wawasan dan informasi tentang faktor-faktor risiko yang mempengaruhi pelayanan vaksinasi COVID-19. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan mengkaji ulang variabel, model, serta item yang telah digunakan pada penelitian ini. Penulis berharap penelitian ini dapat menjadi acuan bagi Dinas Kesehatan Kab.Karawang dalam membimbing masyarakat dalam percepatan vaksinasi COVID-19.

Kata Kunci: kualitas pelayanan, kepuasan masyarakat, dan vaksinasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 07 Feb 2025 03:50
Last Modified: 07 Feb 2025 03:50
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/3483

Actions (login required)

View Item
View Item