Fajria, Diva Ikhsari (2023) Analisis Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Kasus Bullying Menggunakan AlgoritmanK-Nearest Neighbor dan Naive Bayes. Diploma thesis, UBP Karawang.
![01. File Judul_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf [thumbnail of 01. File Judul_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
01. File Judul_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf
Download (670kB)
![02. File Abstrak_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf [thumbnail of 02. File Abstrak_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
02. File Abstrak_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf
Download (296kB)
![03. Daftar Isi_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf [thumbnail of 03. Daftar Isi_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03. Daftar Isi_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf
Download (377kB)
![04. BAB_I_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf [thumbnail of 04. BAB_I_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04. BAB_I_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf
Download (677kB)
![05. BAB_II_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf [thumbnail of 05. BAB_II_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05. BAB_II_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![06. BAB_III_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf [thumbnail of 06. BAB_III_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
06. BAB_III_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf
Download (2MB)
![07. BAB_IV_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf [thumbnail of 07. BAB_IV_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
07. BAB_IV_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![08. BAB_V_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf [thumbnail of 08. BAB_V_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
08. BAB_V_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf
Download (206kB)
![09. Daftar Pustaka_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf [thumbnail of 09. Daftar Pustaka_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
09. Daftar Pustaka_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf
Download (501kB)
![11. Lampiran_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf [thumbnail of 11. Lampiran_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. Lampiran_230025_19416255201138_Diva Ikhsari Fajria.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Perkembangan dan pertumbuhan media sosial ditandai dengan peningkatan jumlah pengguna, khususnya pengguna Twitter. Twitter merupakan platform media sosial di mana pengguna dapat menulis pendapat, mengakses berita terbaru, dan menyampaikan krtik serta mengizinkan pengguna lain untuk berkomentar. Komentar pada twitter disebut tweet. Pengguna dapat saling terhubung untuk membicarakan tentang yang sedang menjadi topik pembicaraan utama. Semakin banyak pengguna, semakin beragam pula komentar yang ditulis seseorang dalam sebuah postingan. Tanpa disadari, beberapa pesan dan komentar mengandung unsur bullying atau kekerasan yang dapat berdampak negatif pada diri sendiri dan orang lain. Oleh karena itu, pesan dan komentar di Twitter harus dianalisis menggunakan analisis sentimen. Dalam penelitian ini membahas analisis sentimen menggunakan algoritma Naive Bayes dan K-Nearest Neighbor. Informasi yang diperoleh dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori positif dan negatif. Selain itu, data melewati fase pra-pemrosesan, yaitu cleaning, casefolding, tokenizing, filtering stopwords dan TF-IDF. Pada penelitian ini data dibagi menjadi 60% data latih dan 40% data uji. Hasil akurasi menggunakan metode confusion matrix dengan algoritma Naive Bayes mencapai akurasi 81%, sedangkan algoritma K-Nearest Neighbor mencapai akurasi 77%.
Kata Kunci: Analisis Sentimen, Bullying, Twitter, Naïve Bayes, K-Nearest Neighbor.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 07:00 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 07:00 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/3390 |