Kurniawan, Salim (2022) Pengelompokan Prestasi Siswa Berdasarkan Nilai Akademik Menggunakan Algoritma K-Means dan Algoritma Fuzzy C-means. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. Judul_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf [thumbnail of 1. Judul_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. Judul_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf
Download (507kB)
![2. Abstrak_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf [thumbnail of 2. Abstrak_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. Abstrak_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf
Download (412kB)
![3. Daftar Isi_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf [thumbnail of 3. Daftar Isi_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Daftar Isi_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf
Download (431kB)
![4. BAB I_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf [thumbnail of 4. BAB I_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf
Download (427kB)
![5. BAB II_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf [thumbnail of 5. BAB II_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (481kB)
![6. BAB III_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf [thumbnail of 6. BAB III_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf
Download (485kB)
![7. BAB IV_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (721kB)
![8. BAB V_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf [thumbnail of 8. BAB V_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf
Download (413kB)
![9. Daftar Pustaka_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf [thumbnail of 9. Daftar Pustaka_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. Daftar Pustaka_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf
Download (416kB)
![10. Lampiran_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf [thumbnail of 10. Lampiran_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. Lampiran_220017_18416255201128_Salim Kurniawan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (684kB)
Abstract
SMK PGRI 2 Karawang setiap tahun akan memberikan beasiswa pendidikan dan merekomendasikan siswa-siswinya nya kepada perusahaan berdasarkan prestasi dalam capaian Ujian Nasional namun mengalami kesulitan dalam pengelompokan siswa yang berprestasi. Setelah Ujian Nasional ditiadakan dari tahun 2020 karena covid-19 untuk itu tujuan penelitian ini yaitu mengelompokan prestasi siswa berdasarkan nilai akademik menggunakan data mining dengan menerapkan algoritma K-Means dan Fuzzy C-Means serta membandingkan hasilnya untuk mengetahui algoritma terbaik, penelitian ini bertempat di SMK PGRI 2 Karawang dan data yang digunakan merupakan nilai raport siswa dari semester 1 sampai 6. Hasil perhitungan manual dan program python algoritma K-Means sebanyak 52 siswa berprestasi, 25 siswa dengan prestasi sedang dan 28 siswa tidak berprestasi sedangkan pada algoritma Fuzzy C-Means sebanyak 48 siswa berprestasi, 29 siswa dengan prestasi sedang, dan 28 siswa tidak berprestasi. Pada perhitungan rapidminer studio hanya bisa menggunakan algortima K-Means saja karena Fuzzy C-Means tidak tersedia dan berhasil mendapatkan 49 siswa berprestasi, 27 siswa dengan prestasi sedang dan 29 siswa tidak berprestasi serta berdasarkan nilai evaluasi dengan metode metode Davies Bouldien Index (DBI) dari setiap jenis perhitungan menunjukan algoritma K-Means merupakan algoritma terbaik karena memiliki nilai DBI yang mendekati 0 dan tidak negatif.
Kata Kunci: data mining, davies bouldien index, fuzzy c-means, k-means, pengelompokan, python
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 06:57 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 06:57 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2905 |