Sistem Pakar Deteksi Kecanduan Online Games Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Android

Denda, Tri (2022) Sistem Pakar Deteksi Kecanduan Online Games Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Android. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 01. File Judul_220002_18416255201090_Tri Denda.pdf] Text
01. File Judul_220002_18416255201090_Tri Denda.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of 02. File Abstak_220002_18416255201090_Tri Denda.pdf] Text
02. File Abstak_220002_18416255201090_Tri Denda.pdf

Download (404kB)
[thumbnail of 03. Daftar Isi_220002_18416255201090_Tri Denda.pdf] Text
03. Daftar Isi_220002_18416255201090_Tri Denda.pdf

Download (426kB)
[thumbnail of 04. BAB_I_220002_18416255201090_Tri Denda.pdf] Text
04. BAB_I_220002_18416255201090_Tri Denda.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of 05. BAB_II_220002_18416255201090_Tri Denda.pdf] Text
05. BAB_II_220002_18416255201090_Tri Denda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[thumbnail of 06. BAB_III_220002_18416255201090_Tri Denda.pdf] Text
06. BAB_III_220002_18416255201090_Tri Denda.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of 07. BAB_IV_220002_18416255201090_Tri Denda.pdf] Text
07. BAB_IV_220002_18416255201090_Tri Denda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[thumbnail of 08. BAB_V_220002_18416255201090_Tri Denda.pdf] Text
08. BAB_V_220002_18416255201090_Tri Denda.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of 09. Daftar Pustaka_220002_18416255201090_Tri Denda.pdf] Text
09. Daftar Pustaka_220002_18416255201090_Tri Denda.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of 10. Lampiran_220002_18416255201090_Tri Denda.pdf] Text
10. Lampiran_220002_18416255201090_Tri Denda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Online game (OG) dapat dimainkan di berbagai perangkat baik itu berupa komputer atau gawai yang terhubung dengan internet. Secara umum bermain OG dapat berdampak positif, tergantung dari durasi bermain dalam memainkan OG. Namun, masih kurangnya kesadaran pemain tentang dampak buruk bermain OG seperti kecemasan hingga gangguan mental. Penelitian ini membuat sistem pakar untuk mendeteksi dini kecanduan bermain OG. Deteksi kecanduan dengan implementasi metode certainty factor (CF) dalam bentuk aplikasi Android. Ada sembilan gejala kecanduan, setiap gejala memiliki nilai CF berbeda yang didapat dari seorang pakar psikolog. Selain nilai CF dari seorang pakar ada juga nilai CF dari seorang pengguna. Nilai CF pakar dan pengguna diolah dengan metode CF untuk menentukan apakah seseorang memiliki kecenderungan kecanduan ringan, sedang, atau berat. Hasil akurasi deteksi kecanduan OG dengan metode CF dengan 18 sampel data acak yaitu 83%. Selain itu, pengujian aplikasi dengan metode BlackBox aplikasi berhasil menjalankan 100% fungsi yang dibutuhkan.
Kata Kunci: Kecanduan, Online Game, Metode Certainty Factor, Sistem Pakar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 17 Jan 2025 06:43
Last Modified: 17 Jan 2025 06:43
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2890

Actions (login required)

View Item
View Item