Dewi, Rizkia Arini (2022) Pengaruh Self Esteem Terhadap Kecenderungan Pembelian Impulsif Belanja Online Pada Wanita Dewasa Awal di Karawang. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. COVER-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf [thumbnail of 1. COVER-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf
Download (474kB)
![2. ABSTRAK-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf
Download (434kB)
![3. DAFTAR ISI-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf
Download (431kB)
![4. BAB I-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf [thumbnail of 4. BAB I-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf
Download (466kB)
![5. BAB II-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf [thumbnail of 5. BAB II-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (501kB)
![6. BAB III-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf [thumbnail of 6. BAB III-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf
Download (528kB)
![7. BAB IV-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf [thumbnail of 7. BAB IV-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (535kB)
![8. BAB V-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf [thumbnail of 8. BAB V-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf
Download (409kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf
Download (433kB)
![10. LAMPIRAN-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN-220090-18416273201147-Rizkia Arini Dewi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Seperti yang kita ketahui dalam era modern ini semua orang dapat dengan mudah mengakses segala bentuk digital, akan tetapi dengan keadaan yang mudah diakses dalam berbelanja online membuat individu yang ada di Indonesia menjadi cenderung impulsif dalam berbelanja. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh self esteem terhadap kecenderungan pembelian impulsif dalam belanja online pada wanita di Karawang, dengan menggunakan metode kuantitatif penelitian kausal merupakan penelitian yang melihat penyebab dari suatu variabel dengan jumlah responden sebanyak 384 wanita di Karawang. Kriteria responden yang digunakan wanita yang berusia 18 – 25 tahun sedangkan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dan menggunakan sampling kuota dalam menentukan berapa banyak kuota yang dibutuhkan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala Likert yang mana bertujuan mengukur skala psikologi yang diuji, yaitu skala kecenderungan pembelian impulsif yang 12 aitem serta skala self esteem yang terdiri 24 aitem. Setelah dilakukan uji analisis dalam penelitian ini diketahui hasil hipotesis menunjukan bahwa ada pengaruh negatif self esteem terhadap kecenderungan pembelian impulsif dalam belanja online pada wanita di Karawang dengan nilai t = -4,875 dan sig. 0,000 (p < 0,05) artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian hasil dari koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel self esteem kepada kecenderungan pembelian impulsif secara silmutan memiliki pengaruh sebesar 0,059 atau 5,9%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 94,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang mana tidak diuji dalam penelitian.
Kata kunci : Kecenderungan pembelian impulsif, self esteem, Karawang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 07:17 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 07:17 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2846 |