Miftaloka, Laras Nanda (2022) Pengaruh Metode Card Sort Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar (Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas II SDN Dawuan Tengah V Cikampek Tahun Pelajaran 2021/2022). Diploma thesis, UBP Karawang.
![01 JUDUL_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf [thumbnail of 01 JUDUL_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
01 JUDUL_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf
Download (760kB)
![02 ABSTRAK_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf [thumbnail of 02 ABSTRAK_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
02 ABSTRAK_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf
Download (422kB)
![03 DAFTAR ISI_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf [thumbnail of 03 DAFTAR ISI_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03 DAFTAR ISI_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf
Download (413kB)
![04 BAB I_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf [thumbnail of 04 BAB I_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04 BAB I_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf
Download (431kB)
![05 BAB II_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf [thumbnail of 05 BAB II_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05 BAB II_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (508kB)
![06 BAB III_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf [thumbnail of 06 BAB III_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
06 BAB III_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf
Download (501kB)
![07 BAB IV_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf [thumbnail of 07 BAB IV_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
07 BAB IV_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (543kB)
![08 BAB V_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf [thumbnail of 08 BAB V_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
08 BAB V_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf
Download (388kB)
![09 DAFTAR PUSTAKA_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf [thumbnail of 09 DAFTAR PUSTAKA_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
09 DAFTAR PUSTAKA_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf
Download (423kB)
![10 LAMPIRAN_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf [thumbnail of 10 LAMPIRAN_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10 LAMPIRAN_220089_18416286206001_Laras Nanda Miftaloka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (774kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode card sort terhadap kemampuan membaca permulaan siswa sekolah dasar kelas II. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuatitatif. pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes membaca Teknik permulaan dengan meggunakan lima indikator, yaitu ketepatan menyuarakan tulisan, kewajaran lafal, kewajaran intonasi, kelancaran, kejelasan suara. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan adalah dengan tes lisan membaca permulaan. Tes ini terdiri dari tes awal (pretest) dan tes pasca tindakan (posttest). Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji (Independent sample t-tes). Bedasarkan Hasil penelitian dan analisis data rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 51,50 dan kelas kontrol sebesar 55,67. Setelah dilakukan treatment pembelajaran menggunakan metode card sort, hasil analisis data pada Postest kelas eksperimen dengan rata-rata 83,17 dan nilai kontrol dengan rata-rata 69,33. Uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikan (2-tailed) adalah 0,000, Karena nilai signifikan (2-tailed) 0,000 < α = 0.05 maka Ho ditolak dan H1 diterima, artinya hal vi ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan antara metode card sort terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II dengan kelas yang tidak menggunakan Metode card sort. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh metode card sort terhadap kemampuan membaca permulaan siswa di kelas II SDN Dawuan Tengah V. Kata Kunci : Card Sort, Kemampuan Membaca Permulaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 04:56 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 04:56 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2658 |