Karmila, Iin (2022) Analisis Hasil Belajar IPA Melalui Aplikasi Zoom Pada Masa Covid-19 di Kelas 3 Sekolah Dasar (Studi Kualitatif Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri Darawolong I Kecamatan Purwasari Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2021-2022). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. JUDUL_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf [thumbnail of 1. JUDUL_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. JUDUL_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf
Download (445kB)
![2. ABSTRAK_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf
Download (412kB)
![3. DAFTAR ISI_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf
Download (399kB)
![4. BAB I_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf [thumbnail of 4. BAB I_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf
Download (468kB)
![5. BAB II_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf [thumbnail of 5. BAB II_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf
Restricted to Registered users only
Download (521kB)
![6. BAB III_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf [thumbnail of 6. BAB III_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf
Download (452kB)
![7. BAB IV_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf
Restricted to Registered users only
Download (524kB)
![8. BAB V_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf [thumbnail of 8. BAB V_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf
Download (403kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf
Download (426kB)
![10. LAMPIRAN_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_220071_18416286206048_Iin Karmila.pdf
Restricted to Registered users only
Download (542kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar IPA melalui aplikasi zoom pada kelas 3 di SDN Darawolong I Kecamatan Purwasari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 SDN Darawolong I Kecamatan Purwasari yang berjumlah 30 orang siswa. Dengan mengambil sampel 3 orang siswa dari anggota populasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi kepada guru wali kelas dan siswa kelas 3. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data dan menyajikan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui aplkasi zoom pada masa covid-19 dalam pembelajaran IPA tentang materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup telah dilakukan secara 2 kali pertemuan. Pertemuan pertama, peneliti melakukan observasi dan wawancara kepada guru wali kelas. Kemudian pada pertemuan kedua peneliti melakukan praktikum percobaan menggunakan aplikasi zoom untuk membahas materi kepada siswa tentang materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Ada beberapa kendala yang didapatkan pada pembelajaran IPA di SDN Darawolong I khususnya pada pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yaitu : siswa kurang aktif dalam pembelajaran, siswa sulit memahami materi karena membutuhkan bukti yang konkrit, masih banyak nilai ulangan harian siswa yang masih di bawah KKM. Cara yang dapat ditempuh untuk solusi masalah ini adalah guru menggunakan metode ceramah dan praktik dalam proses pembelajaran di dalam kelas supaya v peserta didik mudah menangkap dan memahami pelajaran yang dijelaskan oleh gurunya tersebut. Hal inilah yang dapat dilakukan oleh guru kepada peserta didik agar peserta didik mudah memahami dan menangkap pembelajaran yang diberikandan di jelaskan oleh gurunya dan supaya nilai ulangan harian peserta didik pada pembelajaran IPA dapat melebihi KKM. Kata Kunci: Hasil Belajar, pembelajaran IPA, kelas 3
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 03:25 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 03:25 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2621 |