Lestari, Efi Herlina (2022) Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SDN Darawolong I (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Siswa Kelas IV SDN Darawolong I Kecamatan Purwasari Kabupaten Karawang). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. JUDUL_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf [thumbnail of 1. JUDUL_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. JUDUL_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf
Download (414kB)
![2. ABSTRAK_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf
Download (424kB)
![3. DAFTAR ISI_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf
Download (419kB)
![4. BAB I_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf [thumbnail of 4. BAB I_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf
Download (451kB)
![5. BAB II_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf [thumbnail of 5. BAB II_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (501kB)
![6. BAB III_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf [thumbnail of 6. BAB III_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf
Download (469kB)
![7. BAB IV_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (505kB)
![8. BAB V_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf [thumbnail of 8. BAB V_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf
Download (402kB)
![9. DAFTRA PUSTAKA_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf [thumbnail of 9. DAFTRA PUSTAKA_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTRA PUSTAKA_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf
Download (417kB)
![10. LAMPIRAN_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_220061_18416286206076_Efi Herlina Lestari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (563kB)
Abstract
Pembelajaran tatap muka terbatas di sekolah dilakukan melalui dua fase yaitu, Masa Transisi yang berlngsung selama dua bulan sejak dimulainya pembelajaran tatap muka terbatas di sekolah dan Masa Kebiasaan Baru setelah masa transisi selesai, maka pembelajaran tatap muka terbatas memasuki masa kebiasaan baru. Jumlah hari dan jam pembelajaran tatap muka terbatas dengan pembagian rombongan belajar (shift) ditentukan oleh sekolah dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan. Pembagian rombongan belajar dilakukan seperti anjuran pemerintah, yaitu maksimal 50% kapasitas per kelas, sehingga dalam 1 rombongan belajar terdapat 2 kelompok belajar. Masing-masing kelompok belajar melakukan PTM terbatatas sebanyak 2 kali dalam 1 minggu. Oleh karena itu, metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi diperoleh gambaran bahwa Sekolah Dasar Negeri Darawolong 1 Kecamatan Purwasari Pada Masa Kebiasaan Baru Melakukan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Dengan menggunakan sistem pembelajaran yang sesuai dengan buku panduan pembelajaran tatap muka terbatas yang dibuat oleh Kemdikbud yaitu dengan adanya pembagian rombongan belajar, siswa yang diperbolehkan tatap muka hanya 50% dan pembatasan waktu pembelajaran. Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dapat dilaksanakan dengan perencanaan yang matang, pelaksanaan yang cukup terarah dan rutin melakukan evaluasi kegiatan PTM dengan meminimalisir hambatan yang dialami selama kegiatan PTM terbatas berlangsung. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti. Implementasi pembelajaran tatap muka terbatas di SD Darawolong 1 sudah cukup baik, memenuhi persyaratan dan sesuai dengan prosedur pembelajaran tatap muka terbatas yang terdapat di dalam buku panduan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas. kata kunci: implementasi, pembelajaran, tatap muka terbatas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 03:14 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 03:14 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2604 |