Tambunan, Ester Prania Natalia (2022) Analisis Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Terhadap Kesulitan Membaca Permulaan Pada Peserta Didik Kelas III(Studi Deskriptif Pada Peserta Didik kelas III SDS Rachmani Tahun Ajaran 2021/2022). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. JUDUL_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf [thumbnail of 1. JUDUL_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. JUDUL_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf
Download (440kB)
![2. ABSTRAK_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf
Download (425kB)
![3. DAFTAR ISI_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf
Download (406kB)
![4. BAB I_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf [thumbnail of 4. BAB I_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf
Download (452kB)
![5. BAB II_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf [thumbnail of 5. BAB II_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (475kB)
![6. BAB III_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf [thumbnail of 6. BAB III_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf
Download (441kB)
![7. BAB IV_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (490kB)
![8. BAB V_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf [thumbnail of 8. BAB V_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf
Download (400kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf
Download (422kB)
![10. LAMPIRAN_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_220045_18416286206109_Ester Prania Natalia Tambunan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Masa Pandemi COVID-19, membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Namun seiring membaiknya kondisi dimasa Pandemi COVID-19 pemerintah akhirnya mengizinkan melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas, namun dalam pelaksanaannya wajib menerapkan protokol kesehatan tujuannya untuk mencegah penularan virus corona. Penelitian tentang analisis pembelajaran tatap muka terbatas terhadap kesulitan membaca permulaan ini dilakukan pada peserta didik kelas III SDS Rachmani.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berjalannya pembelajaran tatap muka terbatas dilaksanakan selama 2 jam. Berdasarkan hasil penelitian dalam masa peralihan pembelajaran online dengan pembelajaran tatap muka terbatas ditemukannya peserta didik yang mengalami penurunan kemampuan membaca yang sebelumnya memiliki kemampuan membaca yang cukup baik. Setelah berjalannya pembelajaran tatap muka terbatas, peneliti mengalami peningkatan dalam kemampuan membaca peserta didik, dibuktikan dengan memberikan kegiatan literasi bagi peserta didik di saat pembelajaran dilaksanakan, peserta didik banyak melakukan kegiatan membaca secara berganti-gantian dengan guna memperbaiki kesulitan membaca. Peneliti yang juga sebagai guru memberikan waktu khusus bagi peserta didik yang mengalami kesulitan membaca sebagai upaya peningkatan kemampuan membaca. Dengan terbiasanya kegiatan literasi peserta didik menjadi gemar berkunjung ke perpustakan dengan memanfaatkan waktu jam istirahat dan jam pulang sekolah saat menunggu dijemput. Kata Kunci: Pembelajaran tatap muka terbatas, kesulitan membaca permulaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 02:48 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 02:48 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2566 |