Utami, Hani Dwi (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Ekoliterasi Siswa Sekolah Dasar (Studi Kuantitatif pada Siswa Kelas IV SDN Warungbambu I Tahun Pelajaran 2022/2023). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. JUDUL_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf [thumbnail of 1. JUDUL_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. JUDUL_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf
Download (483kB)
![2. ABSTRAK_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf
Download (448kB)
![3. DAFTAR ISI_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf
Download (411kB)
![4. BAB I_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf [thumbnail of 4. BAB I_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf
Download (461kB)
![5. BAB II_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf [thumbnail of 5. BAB II_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf
Restricted to Registered users only
Download (516kB)
![6. BAB III_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf [thumbnail of 6. BAB III_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf
Download (514kB)
![7. BAB IV_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf
Restricted to Registered users only
Download (509kB)
![8. BAB V_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf [thumbnail of 8. BAB V_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf
Download (415kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf
Download (417kB)
![10. LAMPIRAN_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_220042_18416286206061_Hani Dwi Utami.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap ecoliteracy siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Warungbambu I Kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kuantitatif atau Pre-Experimental Design dengan bentuk desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Warungbambu I yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes butir soal pilihan ganda untuk mengetahui ecoliteracy siswa. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan statistic kolerasi point biserial. Hasil dari uji validitas tes butir soal pada ekoliterasi diperoleh 17 butir instrument yang dinyatakan valid dari 20 butir instrument yang telah diuji cobakan. Hasil dari uji reliabilitas diperoleh nilai r₁₁ sebesar 0,865. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t yaitu Uji Paired sample t test dan diperoleh taraf signifikasi kurang dari 0,05 yang menunjukan nilai probabilitas (signifikansi) adalah 0,000, karena signifikansi kurang dari 0,05 maka Hₒ ditolak dan Hₐ diterima. Dari hasil penelitan ini maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran Problem Solving berpengaruh terhadap ecoliteracy siswa sekolah dasar kelas IV SD Negeri Warungbambu I. Kata Kunci : Ecoliteracy, Problem Solving, Pre-Experimental Design.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 02:46 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 02:46 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2560 |