Nursiyam, Rani Siti (2022) Analisis Kemampuan Berhitung Perkalian Menggunakan Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas IV SDN Bojongsari 02 (Studi Kualitatif Deskriptif pada Siswa Kelas IV SDN Bojongsari 02 Desa Bojongsari Kecamatan Kedungwaringin Kabupaten Bekasi Tahun Ajaran 2022/2023). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. Judul_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf [thumbnail of 1. Judul_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. Judul_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf
Download (491kB)
![2. Abstrak_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf [thumbnail of 2. Abstrak_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. Abstrak_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf
Download (414kB)
![3. DAFTAR ISI_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf
Download (424kB)
![4. BAB 1_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf [thumbnail of 4. BAB 1_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB 1_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf
Download (437kB)
![5. BAB II_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf [thumbnail of 5. BAB II_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf
Restricted to Registered users only
Download (573kB)
![6. bab III_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf [thumbnail of 6. bab III_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. bab III_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf
Download (468kB)
![7. BAB IV_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf
Restricted to Registered users only
Download (816kB)
![8. BAB V_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf [thumbnail of 8. BAB V_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf
Download (395kB)
![9. Daftar Pustaka_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf [thumbnail of 9. Daftar Pustaka_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. Daftar Pustaka_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf
Download (427kB)
![10. Lampiran_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf [thumbnail of 10. Lampiran_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. Lampiran_220037_18416286206115_Rani Siti Nursiyam.pdf
Restricted to Registered users only
Download (644kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan berhitung perkalian pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan subjek dalam penenlitian ini yaitu purposive sampling. Siswa kelas IV masing masing dipilih sebagai subjek berdasarkan kelompok siswa yang berkemampuan berhitung perkalian tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penenlitian berupa soal tes kemampuan berhitung perkalian pada mata pelajaran Matematika. Kategori diambil berdasarkan hasil pekerjaan soal tes siswa yang disesuaikan dengan indikator kemampuan berhitung perkalian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman berhitung perkalian dari 20 siswa di kelas IV berdasarkan hasil tes yang diperoleh siswa secara keseluruh terdapat 6 siswa beremampuan tinggi dengan presentase 50% dan 7 siswa berkemampuan sedang dengan presentase 35% dapat memenuhi indikator menyelesaikan soal, membuat soal dan penyelesaiannya, dan menjelaskan cara menyelesaikan soal menggunakan Jarimatika, sedangkan siswa berkemampuan berhitung perkalian rendah terdapat 3 siswa dengan presentase 15% hanya memenuhi indikator menyelesaikan soal, membuat soal dan penyelesaiannya. Siswa tidak bisa mengaplikasi metode Jarimatika sehingga siswa banyak yang salah dalam perhitungan sehingga jawaban tidak tepat. Kata Kunci : Kemampuan Berhitung Perkalian, Metode Jarimatika, Matematika
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 02:44 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 02:44 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2555 |