Chasanah, Dian Nurul (2021) Klasifikasi Kelayakan Siswa Dalam Menentukan Kelas Unggulan Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. File Judul_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf [thumbnail of 1. File Judul_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. File Judul_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf
Download (502kB)
![2. File Abstrak_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf [thumbnail of 2. File Abstrak_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. File Abstrak_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf
Download (417kB)
![3. Daftar Isi_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf [thumbnail of 3. Daftar Isi_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Daftar Isi_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf
Download (421kB)
![4. BAB_I_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf [thumbnail of 4. BAB_I_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB_I_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf
Download (428kB)
![5. BAB_II_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf [thumbnail of 5. BAB_II_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB_II_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (505kB)
![6. BAB_III_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf [thumbnail of 6. BAB_III_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB_III_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf
Download (476kB)
![7. BAB_IV_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf [thumbnail of 7. BAB_IV_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB_IV_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (739kB)
![8. BAB_V_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf [thumbnail of 8. BAB_V_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB_V_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf
Download (413kB)
![9. Daftar Pustaka_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf [thumbnail of 9. Daftar Pustaka_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. Daftar Pustaka_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf
Download (429kB)
![10. Lampiran_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf [thumbnail of 10. Lampiran_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. Lampiran_210018_17416255201099_Diah Nurul Chasanah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Kegiatan belajar mengajar menjadi sebuah upaya timbal balik yang dilakukan antara tenaga pendidik dengan peserta didik. Dinamika kelas menjadi salah satu yang mempengaruhi kegiatan belajar mengajar. Banyak peserta yang memiliki kecerdasan rendah mendapat kelas unggulan, hal ini menyebabkan kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran dikarenakan pembentukan kelas yang dilakukan pihak sekolah belum objektif. Data yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 505 data nilai siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasi kelayakan siswa dalam menentukan kelas unggulan, menggunakan metode algoritma K-Nearest Neighbor. Pembagian data yang digunakan sebesar 80% data training dan 20% data testing. Hasil penelitian dilakukan dengan beberapa cara perhitungan, pada perhitungan manual dengan tools Microsoft excel untuk nilai K=25 hasilnya yaitu “Layak”. Sedangkan pada perhitungan RapidMiner dan bahasa python digunakan untuk menghitungan nilai akurasi dengan confusion matrix. Hasil akurasi yang diperoleh dengan perhitungan RapidMiner pada K=25 nilai akurasi sebesar 95,05%, dan hasil perhitungan bahasa pyhton dengan tools google colaboratory pada K=25 nilai akurasi yang diperoleh sebesar 97,00%.
Kata Kunci: data mining, kelas unggulan, klasifikasi, k-nearest neighbour.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 09:28 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 09:28 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1879 |